Banyak orang mengira, kalau menanam suatu produk pertanian sudah pasti akan menghasilkan. Namun tak segampang itu, karena suatu produk memiliki karakteristik masing-masing yang harus jadi pertimbangan Anda sebelum memulai usaha.

Karena banyak pengusaha pertanian yang terjebak pada situasi produk mereka gagal dan tak bisa dipasarkan sesuai harapan, sehingga bukannya keuntungan yang mereka dapat malah bingung bagaimana menutupi kerugian yang diderita.

Sebagai negara agraris, dengan potensi pertanian sangat banyak bahkan berlimpah, tentu menggiurkan bagi Anda pemerhati pertanian untuk menjadikan peluang usaha pertanian sebagai ladang uang Anda.

Sayangnya, banyak pula yang tumbang dalam menjalankan usaha pertanian ini, karena beberapa hal yang tak mereka kuasai, sehingga mengancurkan usaha mereka dalam waktu singkat. Apa saja hal tersebut?

Lokasi, Produk, dan Pemasaran Peluang Usaha Pertanian
  1. Lokasi. Jika Anda salah memilih lokasi untuk membudidayakan suatu produk pertanian. Hasilnya akan jauh dari harapan. Misal, Anda menanam stroberi di kawasan dengan suhu udara panas, bisa jadi hasil panen Anda nihil karena batang stroberi mati sebelum berbuah, atau buah yang dihasilkan memiliki tingkat keasaman sangat tinggi, bukan manis. Ini dikarenakan buah stroberi akan produktif dengan hasil optimal di daerah dingin.
  2. Produk. Dalam memilih produk pertanian yang akan dijadikan peluang usaha pertanian, Anda harus hati-hati. Karena setiap tanaman atau sayuran memiliki karakteristik masing-masing yang akan mempengaruhi kualitasnya. Jika Anda punya latar belakang pertanian, pasti lebih paham karakter produk pertanian tersebut. Jika Anda tidak memiliki basic pertanian, perbanyaklah membaca, mencari informasi seputar produk pertanian.
  3. Pemasaran. Untuk memasarkan hasil pertanian, tentu Anda harus memahami segmen pasar. Apakah personal, kelompok, atau usaha seperti restoran, perkantoran atau pusat perbelanjaan. Jika Anda tak tahu kemana hasil usaha pertanian Anda dipasarkan, itu sama saja denga kehancuran bagi Anda. Jadi, sebelum memulai usaha, hal ini harus jadi sorotan utama Anda agar tak menyesal di kemudian hari.
Setelah Anda paham tiga hal di atas, Anda bisa lebih yakin untuk mengambil peluang usaha pertanian. Paling tidak Anda sudah selangkah lebih maju, ketimbang pengusaha pemula lainnya yang masih meraba-raba untuk memulai usaha ini. Dan yang pasti keuntungan sudah menanti di depan mata, tinggal mengikuti proses dan nikmatilah hasilnya. Bisnis dibidang pertanian bukanlah peluang usaha baru lagi, usaha ini sudah ditekuni semenjak dahulu kala, tetapi peluang usaha dibidang tertanian tetap menggiurkan jika kita mampu mengelola dengan baik.
Next
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

Posting Komentar

 
Top